Menyusun kalimat dalam bahasa Jepang

Anda yang sudah mempelajari bahasa jepang tentunya ingin juga membuat kalimat dalam bahasa Jepang. Untuk membuat kalimat dalam bahasa Jepang, hal pertama yang harus anda ketahui adalah bagaimana susunan struktur sebuah kalimat dalam bahasa jepang.

Susunan kalimat dalam bahasa Jepang tidak sama dengan bahasa inggris maupun bahasa Indonesia [Subjek-Predikat-Objek-Keterangan],

berikut adalah contoh susunan kata dalam bahasa Jepang ;

A. KALIMAT STANDAR

1. Subjek -wa- Objek -o- Predikat
Saya menonton TV = saya TV menonton [ watashi wa terebi o mite imasu ]

2. Subjek -wa- Predikat
Saya menonton [ watashi wa mite imasu ]

3. Keterangan waktu - Subjek -wa- Objek -o- Predikat
Sekarang saya menonton TV = sekarang saya TV menonton [ Kyou,watashi wa terebi o mite imasu ]

4. Subjek -ga- keterangan waktu -wa- predikat
saya sekarang menonton [ watashi ga kyou wa mite imasu ]

5. Subjek -wa- keterangan -no- objek -o- predikat
saya membaca kamus jepang = saya jepang kamus membaca [ watashi wa nihon no jisho o yonde imasu ]

B. KALIMAT TAK BER OBJEK

1. Kalimat positif = Subjek/kata benda 1 -wa- Subjek/Kata benda 2 -desu
Ayumi adalah seorang penyanyi [ Ayumi san wa kashu desu ]
Perempuan itu adalah Eulis [ Anno onna wa Eulis san desu ]

2. Kalimat negatif = Subjek/kata benda 1 -wa- subjek/kata benda 2 -dewa arimasen/ja nai
susunan kalimat bahasa Jepang
Ayumi bukan seorang penyanyi [ Ayumi san wa kashu ja nai ]

C. KALIMAT TANYA

1. Subjek/kata benda 1 -wa- Subjek/kata benda 2 - desu ka/masu ka
Kamu tinggal di mana [ Kimi wa doko e desu ka ]
Nama kamu siapa [ Onamae wa nanto ii masuka ]



D. KALIMAT JAWAB

1. Kalimat jawab positif = Hai - Subjek/kata benda 1 -wa- Subjek/kata benda 2 -desu/masu
Betul,dia adalah penyanyi [ Hai,kanojo wa kashu desu ]

2. Kalimat jawab negatif = Iie - Subjek/kata benda 1 -wa- Subjek/kata benda 2 -dewa arimasen/masen
Tidak,dia bukan penyanyi [ Iie,kanojo wa kashu dewa arimasen ]

Susunan kalimat di atas hanyalah pola kalimat standar, perdalam terus pengetahuan bahasa Jepang anda, dan selamat berlatih menyusun kalimat dalam bahasa Jepang.


loading...